Mengintip Keberhasilan Kitabisa.com

Dalam hal apapun, kita pasti selalu ingin bertumbuh dan berkembang menjadi lebih baik. Progres yang semakin menunjukkan kemajuan di setiap harinya adalah salah satu yang pastinya ingin kita capai. Perubahan yang besar dapat dimulai dari beberapa perubahan kecil yang mendasar. Selain mencari inspirasi dari dalam diri sendiri atau melakukan thinking time, ada satu cara lagi yang biasanya dilakukan orang atau organisasi yang ingin meraih suksesnya yaitu belajar kepada orang yang sudah lebih dahulu berhasil.

Kitabisa.com adalah salah satunya. Laman situs Kitabisa ini, sekarang menjadi tempat berdonasi termasyhur dan paling banyak digunakan di Indonesia, khususnya untuk donasi bencana atau galangan dana lainnya. Hal ini terbukti dari terhubungnya 1 juta orang dalam platform ini. (Timur, 2020) Perilaku seseorang tidak bisa dilepaskan dari tujuan atau sesuatu yang ingin ia capai. Dalam pembahasan filosofis, ada dua tujuan seseorang melakukan sesuatu yakni karena kebergunaannya dan atau karena kesenangan atau perasaan senang yang didapat saat melakukannya. (Aristotle, 1954) Ketika seseorang berdonasi, kedua tujuan ini pasti ada di dalam diri seseorang yakni nilai kegunaan dan kesenangannya. Nilai kegunaannya didapat dari manfaat yang diberikan kepada orang lain, sedangkan kesenangannya didapat dengan melihat senyum dari penerima donasi kita. Kesenangan atau kebahagiaan dalam berdonasi juga didapatkan seseorang ketika proses donasi mudah, transparan, dan cepat.

  1. Mudah & Cepat
    Kitabisa.com menyediakan dua platform dalam menggalang dana donasinya yakni melalui web dan aplikasi smartphone atau telepon cerdas dalam bahasa Indonesia. Harus diakui bahwa memiliki sebuah platform lain selain di web, sangat membantu kitabisa.com menggalang donasinya. Tidak bisa dipungkiri, zaman ini adalah zaman instan. Semua serba tersedia di layar smartphone. Jika seseorang ingin melakukan sesuatu secara instan, layar smartphone adalah yang pertama ia akan tuju. Di sisi lain, terdapat kerjasama antara kitabisa.com dengan berbagai layanan aplikasi lain yang memungkinkan pengguna aplikasi tersebut juga tersambung dengan aplikasi kitabisa.com, di antaranya adalah Gojek, ACT, Dana, Zakat Hub, Gogive, RSCM, KAI Access, LinkAja, Kompas.com, halodoc, Wardah, dan masih banyak lainnya. Dengan semua kerjasama tersebut, berdonasi di Kitabisa.com serasa dekat, sedekat jarak telunjuk dengan layar smartphone. Pengalaman penulis sendiri, penulis pernah melakukan donasi walau dalam jumlah kecil untuk renovasi Masjid UI, dan proses pendonasian selesai kurang dari 15 detik sejak kita membuka aplikasi tersebut.
  2. Transparan & Kredibel
    Ketika membuka laman beranda Kitabisa.com, kita akan menemui puluhan bahkan ratusan donasi atau penggalangan dana yang sedang berlangsung, live dengan jumlah uang terkumpul dan sisa hari dari penggalangan dana tersebut. Untuk masalah kredibilitas, Kitabisa.com menyertakan izin PUB (Pengumpulan Uang dan Barang) dari kementrian Sosial untuk kategori umum dan kategori bencana alam dalam laman berandanya. Hal ini juga ditambah dengan pernyataan bahwa Kitabisa.com diaudit secara rutin oleh Kantor Akuntan Publik, dan hasil audit pun bisa diakses oleh pengunjung situs maupun pengguna aplikasi Kitabisa.com dalam bentuk file PDF. Menimbang kemudahan dan serta transparansi yang tinggi tersebut, tidak heran jika Kitabisa.com menjadi salah satu organisasi amal yang sangat dipercaya publik dan semakin hari donaturnya semakin bertambah. Perlu dicermati juga, tidak ada yang instan dalam membuat sebuah organisasi amal berhasil. Proses dan evaluasi secara berkala lah yang menjadikannya terus bertumbuh dan berkembang.

Referensi
Aristotle, 1954. Rhetoric. 6th ed. New York: Modern Library.

Timur, A., 2020. Kitabisa.com. [Online] Available at: kitabisa.com/about-us [Accessed 29 January 2020].

Posted in Keorganisasian, Umum on Mar 21, 2020